Pelatihan Pengembangan Bisnis dan Pemasaran


Untuk mendukung upaya pengurangan susut pasca panen dan perbaikan kualitas gizi, I-PLAN telah menyelenggarakan lomba inovasi bisnis (Business Innovation Challenge) dengan tujuan untuk mengidentifikasi inovasi teknologi Post-Harvest Los (PHL) yang dapat diterima dan dipasarkan. Inovasi semacam ini diharapkan dapat mengurangi masalah PHL di sepanjang rantai pasok, terutama dari lokasi pendaratan ke konsumen, dengan titik kritis di lokasi pendaratan ikan, transportasi dan distribusi, pengecer termasuk penjual di pinggir jalan, sistem penyimpanan kecil dan bahan substitusi es.

Setelah melakukan evaluasi proposal dan seleksi pada hari demo final, tim  juri I-PLAN memilih 4 pemenang: (i) Maslaha mewakili teknologi pengganti es; (ii) Prominator dalam bentuk sistem pendingin bergerak yang mewakili kendaraan untuk transportasi dan distribusi; (iii) Go-Fresh, sebagai penjual ikan/pajangan untuk pedagang sepeda motor; dan (iv) Kulkas Portable, sebagai sistem penyimpanan kecil. Program Business Innovation Challenge (BIC) berjalan sesuai rencana, dari pemilihan pemenang, dan program lean launchpad yang baru saja selesai dengan program demo-daynya.

Selama program lean launchpad, 4 pemenang yang terpilih telah menerima beberapa pelatihan dari Boot camp 1, boot camp 2 dan webinar sebagai perjalanan pembelajaran untuk memperkuat produk-produk inovatif mereka dan menjadikannya lebih terjangkau. Selama program, pemenang telah belajar tentang penemuan pelanggan dan identifikasi solusi teknologi serta validasi kesesuaian pasar produk dan model bisnis. Para pemenang telah dibiasakan dengan segmen pelanggan, VPC (Value Preposition Canvas), MVP, hubungan dan saluran pelanggan dan ukuran pasar dan analisis kompetitif.

Sekarang para pemenang membutuhkan dukungan untuk memasarkan produk mereka dan meningkatkan bisnis mereka. Para pakar di bidangnya dipilih untuk melatih pemenang untuk mengembangkan rencana strategi pemasaran serta mengembangkan model perencanaan bisnis, dengan tujuan

  • Melakukan Pemasaran dan Pelatihan Bisnis untuk memberikan persiapan yang lebih baik untuk pemasaran produk melalui rencana pemasaran/strategi pemasaran yang dapat digunakan setelah pelatihan dan
  • Meningkatkan Bisnis, melalui
    • Mengembangkan rencana pemasaran individu yang dapat diimplementasikan setelah sesi pelatihan dan
    • Mengembangkan rencana bisnis individu sebagai peta jalan untuk meningkatkan skala bisnis para pemenang.