Dampak COVID‐19 terhadap UKM yang Berperan dalam Sistem Pangan Indonesia


GAIN, World Food Programme (WFP), dan para mitranya, termasuk Jaringan Bisnis Scaling Up Nutrition (SUN) melakukan survei terhadap sistem pangan UMKM di 17 negara pada awal Mei 2020. Survei ini bertujuan untuk menilai dampak dari Pandemi COVID-19 dan tindakan pengendalian terkait bisnis UKM di sektor pangan, serta dukungan yang mereka butuhkan. Laporan ini menyajikan hasil survei untuk bisnis yang berbasis di Indonesia secara khusus (10% dari total responden survei global).

Survei ini memperoleh 36 respon, yang sebagian besar berasal dari perusahaan mikro dan kecil; responden utama kami adalah distributor dan pengolah produk perikanan yang merupakan anggota Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia.

Seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam survei kami mencatat bahwa pandemi berdampak langsung pada bisnis mereka, terutama dengan adanya penurunan penjualan (97%) dan juga melaporkan adanya perubahan volume  produksi sebagai akibat dari pandemi. Pada umumnya, penjualan mereka menurun. 89% responden telah mengubah harga jual produk mereka.

Dampak Tambahan & Peluang Baru

Pandemi ini memilki dampak positif dan negatif, bahkan bisa menjadi peluang usaha baru bagi para UKM. Beberapa responden menguraikan dampak pandemi pada bisnis mereka. "COVID-19 memiliki dampak positif dan negatif pada bisnis kami. Pandemi telah meningkatkan kesadaran akan kesehatan di Indonesia. Namun, ada beberapa masalah yang harus diatasi seperti terbatasnya mobilitas. Kami juga harus menyesuaikan diri demi mengoptimalkan pemasaran digital dan model bisnis kami. Meski begitu, menurut kami, tantangan ini membuka peluang bisnis baru dan kami pikir kami bisa beradaptasi dengan kondisi baru ini mengingat inilah waktu yang tepat untuk melakukannya." – ungkap pengecer dari Tangerang Selatan. Namun Hanya 8% responden yang menyatakan ingin menjelajahi area bisnis baru sebagai akibat dari pandemi.

Berdasarkan hasil survei ini, kami merekomendasikan kepada pemerintah, mitra pembangunan, dan pihak‐pihak lainnya agar mengambil tindakan untuk membantu sistem pangan UKM (sistem yang  dianggap penting namun rentan ini) selama menjalani periode pandemi untuk memastikan bahwa mereka tetap mampu menyediakan makanan yang bergizi dan aman di masa depan.

Temuan-temuan utama survei ini, dapat dilihat melalui link berikut:

Dampak COVID-19 terhadap UKM yang Berperan dalam Sistem Pangan Indonesia

 

*sumber: GAIN (Global Alliance for Improved Nutrition)